Program Pengabdian Masyarakat FISIP Undip – Pendampingan Pemanfaatan E-Commerce Pada Kelompok Camar di Kelurahan Tanjungmas

Dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terdapat komponen yang saling berkaitan yaitu hasil penelitian dan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh akademisi. Meskipun demikian sebagian besar laporan hasil kegiatan pengabdian hanya tersimpan di fakultas dan belum diaplikasikan secara nyata.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro menjadi salah satu dari sekian banyak fakultas yang memanfaatkan pengembangan pengabdian dari hasil penelitian tersebut. Salah satu bentuk kegiatan yang berhasil dilaksanakan adalah pengadaan program sosial dengan fokus pendampingan dan pemanfaatan E-Commerce pada Kelompok Camar di Kelurahan Tanjungmas, Semarang, Jawa Tengah. Sebanyak 10 anggota dari Kelompok Camar yang merupakan pegiat dari kegiatan penanaman mangrove di wilayah Kelurahan Tambakrejo Semarang Timur, mengikuti kegiatan ini.

Program pengabdian yang diprakarsai oleh dosen Hubungan Internasional Undip, Fendy E. Wahyudi dan dosen Administrasi Publik Undip, Amni Z. Rahman. Program yang ditujukan kepada Kelompok Camar ini memiliki tujuan berupa edukasi dan pemberdayaan tentang pentingnya keberadaan e-commerce di era digital saat ini, terutama dalam menunjang produk secara online.

Keberadaan E-Commerce pada Kelompok Camar merupakan salah satu fondasi digital yang sangat penting untuk diberdayakan. Hal ini pun sejalan dengan tujuan utama dalam peningktan jangkauan dan penyebarluasan kegiatan pemberdayaan dan penanaman Mangrove di pesisir pantai yang dilakukan oleh Kelompok Camar. Keberadaan E-Commerce sendiri akan dipergunakan sebagai bagian dari selling point merchandise yang ditawarkan dalam pengembangan Eduwisata Mangrove sebagai kegiatan Kelompok Camar sehari-hari.  

Dalam Kegiatan Pendampingan Pemanfaatan E-Commerce Pada Kelompok Camar Di Kelurahan  Tanjungmas, terdapat tiga kegiatan yang dilangsungkan secara bertahap, yaitu :

  1. Pembuatan website penunjang kegiatan, dengan tujuan mendokumentasikan serta menyebarluaskan aktivitas penanaman mangrove;
  2. Pengadaan pelatihan desain dan e-commerce dengan tujuan mendayagunakan website sebagai media internet marketing
  3. Pelatihan sablon yang diberikan untuk menunjang pengetahuan anggota Kelompok Camar dalam menciptakan merchandise.

Rangkaian kegiatan dalam program yang dilangsungkan tentunya sejalan dengan Visi & Misi FISIP Universitas Diponegoro dalam mewujudkan Universitas Riset.  Program ini pun diharapkan dapat mengedukasi serta melatih kemandirian masyarakat, khususnya anggota Kelompok Camar agar dapat semakin adaptif  terhadap lingkungan ekonomi yang semakin cepat berkembang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Mulai Chat
Scroll to Top